healthnews | Sariawan merupakan penyakit yang mudah sekali menjangkit dan berkembangbiak. Agar dapat terhindar dari masalah-masalah sariawan pastilah kita harus mengetahui tentang sebab-sebab terjadinya sariawan. Ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab sariawan.

Berikut beberapa pemicu timbulnya sariawan:

1. Vitamin

Kekurangan vitamin dapat berdampak untuk menimbulkan sariawan. Kebanyakan orang beranggapan bahwa sariawan timbul karena kekurangan vitamin C. Perlu diketahui bahwa penyebabnya bukan hanya karena kekurangan vitamin C, tetapi juga karena kekurangan vitamin b12. penyakit kekurangan vitamin C sendiri disebut Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah dan penyakit kulit. Sebuah penelitian berhasil membuktikan jika seseorang kekurangan vitamin b12 dapat menyebabkan timbulnya sariawan.

2. Luka di Mulut

Luka dimulut bisa terjadi kerana makanan, tergigit, kurang berhati-hati saat menggosok gigi.

3. Panas Dalam

Jika kita sedang panas dalam, otomatis suhu tbuh akan meningkat. Suhu tubuh yang tinggi ini akan menyebabkan bagian dalam mulut melepuh sehingga muncul sariawan.

4. Virus atau Bakteri

mulut yang kurang terjaga kebersihannya akan mempermudah perkembangan virus atau bakteri, sehingga sariawan mudah terjadi. Oleh karena itu, selalu menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur sangat penting

Nah itu beberapa tentang penyebab sariawan yang paling umum terjadi di kalangan masyarakat.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sariawan, silahkan baca ini pengertian sariawan dan cara mengatasi sariawan.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment