img src: Google
healthnews | Pada dasarnya sebagian besar orang pernah mengalami sariawan. Lalu apa pengertian dari sariawan itu sendiri?? Apakah berbahaya?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sariawan atau stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dan permukaan agak cekung. Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan dan biasanya wanita lebih mudah terserang dari pada pria. Meskipun tergolong penyakit yang tidak berbahaya, sariawan cukup menyakitkan dan mengganggu saat kita sedang makan dan gosok gigi.

Sariawan juga sering dijumpai pada bayi dan anak kecil yang minum susu dengan botol susu atau dot (fopspeen) yang kebersihannya kurang terjaga, seperti dot yang tidak pernah direbus saat mencucinya sehingga bakteri dapat berkembangbiak di dalammya dengan mudah. Bentuk sariawan akan terlihat seperti vasikel atau bulatan kecil berwarna putih atau kekuningan yang akan berkembang dalam bentuk selaput dan jika selaput tersebut mengikis, maka akan terlihat seperti lubang.

Lalu apakah sariawan itu berbahaya?

Saya ulas kembali, sebenarnya sariawan tergolong penyakita yang tidak berbahaya. Namun, kita tetap harus berhati-hati karena jika sariwan tersebut berada ditempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan boleh jadi itu merupakan indikasi adanya kanker rongga mulut. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menjaga kebersihan mulut.

Apa penyebab sariawan? baca ini
Bagaimana cara mengobati sariwan? baca ini


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment